Latest Post

Ada Stan Magician Di Pesta Rakyat

Written By Kabar Aceh on Kamis, 29 Agustus 2013 | 23.11

Pesulap senior di Banda Aceh, Aditya Extreme Magician bersama Komunitas yang dikomandoinya yaitu M13 Atjeh Magician Community akan hadir di acara Pesta Rakyat mulai dari 31 Agustus-9 September di Lapangan Blang Padang Banda Aceh.
Selain tampil bersama komunitas, Adit sapaan akrab pria 24 tahun tersebut juga akan menyajikan beberapa atraksi kepada pengunjung stan seperti ramal garis tangan, pelatihan trik sulap serta bazar.
“Bagi teman-teman yang suka atau hobi dengan yang namanya sulap, silahkan kunjungi stan M13 Atjeh Magician Community di Pesta Rakyat,” ujar Adit.
Kata Adit, ada beberapa item yang nantinya didapatkan di stan magician seperti meramal garis tangan, bagi yg ingin tahu permasalahan karir, asmara, kesehatan. “Kita juga akan berbagi trik sulap, seperti permainan kartu, koin, angka serta bazar alat sulap, semacam dompet keluar api, tisu jadi bunga, dan ada alat untuk bisa melayang juga,” sebut pentolan di M13 Atjeh Magician Community ini.

Jadi, jangan sampai lewatkan kesempatan menarik ini. Tentu masih banyak sesuatu yang menarik lainnya, datang dan nikmati sensasinya magic yang akan disuguhkan oleh Aditya dan M13 Atjeh Magician Community di stan mereka. (Far)

Petani Pidie Memanfaatkan Pengelolaan Dana LKMM

Written By Kabar Aceh on Rabu, 28 Agustus 2013 | 10.21

Bupati Pidie lakukan Panen Perdana Bawang Merah
Program bantuan Lembaga Mandiri Mengakar Masyarakat (LKMM) dari Kementerian Pertanian RI serta didukung penambahan modal oleh DinasPertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Kabupaten Pidie kepada Pasantren,  kini dana yang hanya 100 juta tersebut telah dapat dimanfaatkan oleh pengelola pasantren, salah satunya Dayah Nurul Huda yang terletak di desa Bunin Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Pidie.

Dana tersebut kita telah manfaatkan untuk penanaman bibit bawang merah dengan lahan mencapai dua haktare lebih dan Ahamdulillah pemanenan bawang merah perdana kali ini sangat memuaskan,” ucap Ketua kelempok tani  Tengku Muhammad Saman saat mendapingi Bupati melakukan panen perdana.

Pemanen bawang merah dilakukan langsung oleh Bupati Pidie Sarjani Abdullah yang didampingi oleh anggota komisi IV DPR RI M. Ali Yakob serta Kadistanak Pidie drh Anas Abdullah. Bupati Pidie Sarjani Abdullah usai pemanenan tersebut dilakukan mengatakan, sangat bangga kepada para petani di Kecamatan Simpang Tiga yang mau menekuni bidang Agrobisnis karena umum nya masyarakat Kabupaten Pidie 80 persen adalah petani.

“artinya, petani Kecamatan Simpang Tiga saat ini mampu menjalankan bisnisnya melalui pertanian dan ini dapat jadi percontohan bagi masyarakat lainnya di Kabupaten Pidie. Tak hanya itu pihaknya akan memfasilitasi untuk pembinaan lebih lanjut serta pemberian modal yang berkelanjutan oleh DinasPertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Kabupaten Pidie  

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Kabupaten Pidie, drh Anas Abdullah mengatakan, sangat bangga atas keberhasilan para petani Kecamatan Simpang Tiga, dilihat dari hasil bawang merah yang besar-besar ini petani diharapkan mendapat keuntungan yang tinggi, selain mengajak bersyukur atas hasil panen yang baik.
"Khusus untuk panen perdana kali ini, setelah melakukan pemanenan  pada hamparan seluas dua hektare, hasil ini nanti akan dapat digunakan sebagai bibit hingga hasilnya akan lebih besar lagi," ucap Anas. 

Lanjutnya, Program ini dilakukan secara berkelanjutan dengan memberi bantuan dana terhadap beberapa pesantren untuk mengembangkan pertanian dan peternakan. Dengan membuka areal pertanian untuk agrobisnis, bisa membuat pesantren mandiri secara ekonomi, dengan mengandalkan hasil pertanian yang dimiliki.

“program Lembaga Mandiri Mengakar Masyarakat (LKMM) yang bertujuan untuk mengembangkan agrobisnis pertanian da peternakan di sejumlah pesantren untuk menggerakkan ekonomi dan sarana pelatihan agrobisnis,”ujarnya. (Sal)

Didukung Kodam IM, JubirAb Segera Gelar Pesta Rakyat

Banda Aceh - Untuk mengenang dan menikmati kemerdekaan bagi seluruh lapisan masyarakat, maka kami dari event organizer (EO) JubirAb akan menyelenggarakan kegiatan Pesta Rakyat dalam rangka Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 68, pada tanggal 31 Agustus – 9 September 2013 di Lapangan Blang Padang Banda Aceh, dengan dukungan Kodam Iskandar Muda (IM) Aceh.

Adapun sejumlah rangkaian kegiatan yang telah dipersiapkan di Pesta Rakyat nantinya mulai dari bazaar, pasar murah, promosi otomotiv/elektronik, aneka kuliner, aneka lomba, arena permainan, pentas hiburan rakyat, dan pameran foto gempa di Gayo/Bener Meriah. Khusus hasil dari pameran foto akan disumbangkan langsung ke para korban gempa. Kata ketua panitia Jubir Abdullah, Rabu 28 Agustus 2013 di Banda Aceh.

“Saat ini sudah ada lebih dari 40 stan yang terisi beraneka ragam jenis produk dan aneka permainan, mulai dari permainan untuk anak-anak hingga dewasa, seperti kereta api, baling-baling, rumah hantu, dan tong setan yang sudah mulai mendirikan properti mereka. Dan hingga hari jumat nantinya akan ada yang menyusul lagi.” Ungkap Jubir.

Lanjutya, mengingat di Aceh tidak pernah terjadi Pesta Rakyat dalam momentum HUT RI, oleh karena itu saya bertekat untuk membuat kegiatan ini tanpa adanya bantuan atau dukungan sponsor dari pemerintahan dan pihak-pihak swasta. Saya cuman berharap segala sesuatu yang saya keluarkan dengan anggaran pribadi bisa kembali dari stan-stan yang sudah disewa nantinya.

Dan saya juga berterimakasih kepada Kodam IM Aceh yang sudah mendukung kegiatan ini, juga kepada seluruh panitia yang terlibat dan para penyewa stan. Harapan saya yang paling besar adalah, dimana nantinya kegiatan seperti ini bisa menjadi kegiatan tahunan yang diselangarakan setiap bulan Agustus, sebelum atau sesudah HUT RI. (Aditya)

Jalin Kerjasama Dengan Garuda, BLUD SMKN 3 Diharap Lebih Profesional

Written By Kabar Aceh on Minggu, 25 Agustus 2013 | 23.25

Banda Aceh - Pemerintah Kota Banda Aceh baru-baru ini menjalin kerjasama dengan salah satu maskapai terbaik dalam negeri yaitu Garuda Indonesia di bidang penyediaan makanan dalam kabin. Kerjasama yang telah berjalan selama tiga bulan tersebut diharap semakin langgeng dengan adanya sikap profesional dari pihak yang ditunjuk yaitu SMKN 3 untuk dapat menyesuaikan diri dengan standarisasi pihak Garuda Indonesia.

Permintaan tersebut disampaikan Nano Setiawan dari Garuda Indonesia wilayah Banda Aceh dalam rapat pembahasan evaluasi kinerja kerjasama kedua belah pihak di ruang rapat Wakil Walikota Banda Aceh Selasa (20/8).

Nano mengatakan selama ini kerjasama sudah berjalan baik namun disamping itu pihak SMKN 3 juga perlu memperhatikan pola pelayanan seperti adanya trolley box yang lebih baik dan penambahan atribut keselamatan bagi personelnya.

Nano mencontohkan selama ini landasan tangga sering licin akibat tergenangnya air. Ia meminta personel harus menggunakan "safety shoes" yang lebih tebal untuk menghindari kecelakaan dan juga sebagai image baik bagi kedua belah pihak.

Pihak Garuda juga meminta agar sebelum makanan disajikan dapat dicoba dulu.
"Harus ada sistem Quality Control sebelum makanan disajikan,” ujar Nano.

Nano juga menambahkan pada 1 September 2013 mendatang Garuda Indosesia akan menambah 3 unit armada lagi menanggapi pesatnya minat konsumen menggunakan jasa penerbangan dari dan menuju Banda Aceh.

Menanggapi beberapa hal tersebut Illiza meminta pihak SMKN 3 terutama unit produksi dan jasa dapat menangkap semua keinginan pihak garuda dan segera melaksanakannya.
Menurut Illiza kerjasama tersebut merupakan sesuatu yang luar biasa dan kita sebagai mitra harus menjaga kepercayaan tersebut.

"ini kesempatan yang sangat berharga, disinilah kehandalan SMKN 3 dipertaruhkan,” ujar Illiza seraya menambahkan bahwa pertemuan Evaluasi tersebut sangat bermakna karena akan mengetahui kelebihan dan kekurangan kedua belah pihak.

" Keberhasilan SMKN 3 juga keberhasilan Pemerintah Kota Banda Aceh yang dapat mengharumkan nama Kota Banda Aceh,” ujar Illiza yang mengaku bangga atas keberhasilan SMKN 3 menjalin kerjasama dengan Garuda Indonesia.

Selain itu dalam kesempatan yang sama pula Illiza meminta agar pihak Garuda terutama para pramugarinya dapat mengenakan jilbab terutama ketika melakukan penerbangan tujuan Banda Aceh.

Illiza beralasan bahwa dengan demikian para penumpang sedikit banyak akan mengetahui bahwa Kota Banda Aceh merupakan kota Islami dan juga sebagai model kota madani di Indonesia. (Aditya)

Kegiatan Amal NasDem Blood Donation Drive Berlangsung Sukses

Banda Aceh - Kegiatan amal NasDem Blood Donation Drive yang diselenggarakan oleh DPD Partai NasDem Kota Banda Aceh pada minggu 25/08/2013, berjalan dengan sukses. Bahkan hasil yang didapat melampaui target yang diperkirakan, hanya dalam waktu tiga jam sudah terkumpul sebanyak 38 kantong darah, dari target 30 kantong. Kata Ketua DPD Partai Nasdem Kota Banda Aceh Teuku Irwan Djohan kepada Kabaracehonline.


Lanjutnya “Semoga darah yang terkumpul pada kegiatan ini, dapat membantu saudara-saudara kita yang mungkin malam ini, besok, atau lusa, membutuhkan darah untuk melanjutkan hidup mereka, musibah tidak dapat kita duga datangnya, dan bisa menimpa siapa saja.” 

Irwan Djohan juga sangat berterimakasih untuk semua teman-teman dari Partai NasDem Kota Banda Aceh, Garnita Malahayati NasDem, warga masyarakat yang telah ikut serta dengan sukarela menyumbangkan darahnya dan para petugas PMI Banda Aceh, yang telah bersedia meluangkan waktunya di hari minggu untuk tetap bertugas demi kemanusiaan, serta kepada pemilik dan karyawan Coffee Bay, Ulee Lheue, yang telah memberikan tempatnya kepada kami untuk melaksanakan kegiatan sosial ini. Ungkap Irwan Djohan. (Aditya)

Mantan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, Temani Gubernur DKI Jokowi Nonton Konser Metallica Malam Ini

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan menyaksikan konser Metallica di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (25/8/2013), bersama dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, calon gubernur Jawa Timur Bambang DH, mantan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, dan mantan calon Wakil Gubernur Jawa Barat Teten Masduki.

"Mereka sudah saling kontak seminggu yang lalu. Semoga jadwalnya pas sehingga rencana itu bisa lancar,” kata Tunggal, kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang juga akan menonton konser malam ini.

Kecuali Bambang DH, semua nama yang disebut Tunggal sudah memastikan akan hadir di SUGBK. Bambang DH rencananya masih melakukan pembersihan atribut kampanye pemilihan kepala daerah Jawa Timur. Namun, kata Tunggal, Bambang kemungkinan hadir setelah kegiatan itu selesai digelar. Semua orang yang disebut Tunggal itu akan menuju sebuah hotel yang tidak jauh dari SUGBK. “Sekitar pukul 18.00, mereka akan merapat ke stadion,” kata Tunggal.

Sama halnya dengan Jokowi, orang yang disebut teman-teman Jokowi itu berada di kelas festival. Menurut Tunggal, mereka sebenarnya disatukan oleh kegemaran yang sama, menonton musik rock. Lantas bagaimana bisa berkomunikasi dengan Irwandi Yusuf, mantan Gubernur Aceh yang juga pejuang Gerakan Aceh Merdeka. Tunggal mengaku, keduanya dihubungkan oleh orang-orang di sekelilingnya.

“Kebetulan kami sesama aktivis dulu, tidak sulit berkomunikasi karena memang sudah saling kenal,” kata Tunggal. Belum jelas Jokowi dan rekannya akan masuk melalui pintu mana. Saat ini Jokowi masih berada di rumah dinas di Jalan Taman Suropati, Jakarta Pusat.


Kompas

Kepergok Mesumi Janda, Oknum Polisi Suap Warga Rp500 Ribu

Written By Kabar Aceh on Kamis, 22 Agustus 2013 | 01.09

Foto: Ilustrasi
Meulaboh – Oknum Polres Simuleu ditangkap warga bermalam di rumah janda, Senin (19/8), sekira pukul 23.15 Wib, lorong Sarena, Desa Gampa, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat. oknum polisi bebas dari kepungan warga, setelah membayar denda bagi pemuda desa setempat Rp 500 rupiah.Data terhimpun dilapangan, anggota Polri Polres Simulue akrab disapa Briptu Anto. Ia harus berurusan dengan 50 warga Desa Gampa, karena tertangkap basah berduaan di rumah janda cantik bernama Evi.

Awal kedatangan puluhan warga mengepung rumah janda itu, aparat berbaju coklat awalnya bersikap dingin meladeni penduduk setempat. Ia beragumen jika Evi merupakan isteri keduanya melalui proses kawin siri.”Tapi saat kami minta bukti surat nikahnya, polisi itu tidak bisa menunjukan bukti berupa surat. Makanya kami nilai kalau dia telah kumpul kebo dengan janda di kampung kami,” kata warga setempat, yang ikut menggerebek.

Keributan antara pemuda dan oknum Polres tidak terelakan, sampai muncul seorang anggota Polres Aceh Barat berupaya meredam emosi warga. Kesepakatan damai antara pemuda dan Briptu Anto berhasil tercipta, setelah oknum Polisi mesum ini membayar denda Rp 500 ribu bagi pemuda setempat.

Seorang warga lorong Sarena, Desa Gampa berinisial AN alias Bobo (28), mengaku malu dengan perbuatan sang Janda yang sering memasukan pria ke rumah kontrakan di lorongnya, yang telah menjadi bagi warga setempat. “Lebih bagus dia pindah. Biar hilang masalah dugaan mesum itu, sebab sering terlihat pria dibawa masuk ke rumahnya,” jelasnya.

Rakyataceh

Tiket termahal konser Girls Generation sold out



Penjualan tiket konser Girls Generation hingga saat ini masih dilakukan. Sebelumnya kelas tiket yang dijual secara pre sale sudah ludes. Antusiasme penggemar girlband nomor wahid di Korea ini memang sangat tinggi.
Tiket dibagi menjadi enam kelas yaitu Green Rp 600 ribu, Purple Rp 1 juta, Yellow Rp 1,5 juta, Pink Rp 1,75 juta, Red Rp 2,2 juta, dan Premium Red Rp 2,5 juta.
Untuk kelas termahal, yaitu Premium Red menurut salah satu perwakilan promotor sudah habis terjual, namun akan ada kuota terbatas yang harus melalui sponsor.
"Premium red sudah sold out, tapi masih ada limited kuota, karena memang nggak banyak. Akan ada limited kuota via Mandiri," kata Alfred Agus, perwakilan 7 Kings Entertaiment di Nutz Culture, Senayan City, Jakarta Pusat (21/8).
Beberapa diskon pun diterapkan oleh sponsor untuk menjaring penonton membeli tiket kepada mereka.

"Kami akan rilis 1000 tiket di rajakarcis dengan Mandiri debit untuk kelas festival dapat diskon 250 ribu, dengan debit online mandiri," lanjut Endang Astaharanti, Vice President Bank Mandiri.
merdeka

Puluhan Wartawan Aceh Mengikuti SJI

Banda Aceh -  Sebanyak 30 wartawan dan wartawati yang berkerja di Aceh, di berikan kesempatan belajar ilmu jurnalisme oleh Organisasi Wartawan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Aceh, selama 15 hari berturut-turut, di Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) Aceh, komplek kantor PWI Aceh di Banda Aceh,” untuk gelombang pertama hanya 30 orang peserta,” kata Ketua PWI Aceh, Tarmilin Usman, di Bada Aceh, Senin(19/8).

Tarmilin Usman yang di wawancarai  di ruang kerjanya, Kantor PWI Cabang Aceh, di Banda Aceh, menjelaskan, bahwa pembukaan sekolah wartawan dimaksud merupakan bentuk keseriusan PWI Aceh dan PWI Pusat, dalam rangka meningkatkan Kualitas jurnalistime bagi Wartawan Aceh, yang kini mulai di ramaikan oleh generasi muda di Aceh.

Tidak hanya itu, lanjut Tarmilin, SJI juga membuka jenjang pendidikan Jurnalistime hingga ke tingkat utama, “ gelombang pertama pendidikan  tingkat Dasar,  Tingkat Madya dan Utama ,juga akan dibuka nantinya“ Tarmilin, menambahkan.

Menurut Mantan Waratwan Haba Rakyat ini, SJI tersebut  merupakan satu-satunya sekolah khusus jurnalisme di indonesia, dengan pemateri para Wartawan Senior  dari  pusat dan  daerah, lulusan SJI akan di berikan sertifikat dan ID Kompetensi sesuai tingkatan pendidikan yang di ikutinya,” ini satu-satunya sekolah khusus wartawan di Indonesia,” yakin dia.


ia berharap agar  perusahan media dan waratwan di Aceh, dapat memanfaatkan kesempatan Belajar di Sekolah dimaksud,  meski tidak berkesempatan tertampung di gelombang perdana ini, “ jumlah peserta memang terbatas, namun pendidikan ini akan berlanjut,” pungkas Tarmilin.
(Dahlan)

Napi Buron Tanjung Gusta Ditangkap di Banda Aceh

Written By Kabar Aceh on Selasa, 20 Agustus 2013 | 10.54


Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banda Aceh menangkap Fikriin Husen, narapidana buron yang kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjung Gusta Medan di Banda Aceh, Rabu (14/8/2013).

Pria 32 tahun itu ditangkap saat sedang mengurus dan mengambil surat pindah di Gampong Cot Lamkeuweuh, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh, Rabu (14/8/2013).
Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Moffan MK SH menjelaskan, pihaknya mendapat informasi bahwa Fajar adalah buron Lapas Tanjung Gusta dari Keuchik (Kepala Desa) Gampong Cot Lamkeuweuh.

"Kita dapat informasi dari Pak Keuchik, dan saat itu yang bersangkutan hendak mengajukan surat pindah, apalagi Pak Keuchik rata-rata sudah mengetahui tahanan yang kabur dari sana, karena semua data serta foto mereka sudah kita sebarkan melalui polsek-polsek,” ujar Moffan.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, Fikri yang memiliki nama di Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai Juanda, langsung diamankan oleh pihak Polsek Meuraxa, sebelum dibawa ke markas Polresta Banda Aceh untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.Untuk itu, Moffan mengimbau kepada napi lainnya yang kabur supaya secepatnya menyerahkan diri mengingat ada tahanan yang menunggu pembebasannya. Oleh karena itu, sangat disayangkan apabila mereka tidak menyerahkan diri.

Fikri yang merupakan narapidana kasus narkoba divonis 12 tahun penjara, dan saat ini sudah menjalani 4,5 tahun. Moffan menambahkan, untuk proses selanjutnya, Fikri akan diserahkan ke Departemen Hukum dan HAM (Dephuk dan HAM) Aceh, sebelum dikembalikan ke Lapas Tanjung Gusta Medan. “Tadi sudah kita hubungi mereka, dan setelah dicek ternyata benar Fikri salah satu napi kabur,” ujarnya.

Sementara itu, Fikri yang mengenakan baju kemeja bergaris-garis merah mengaku memang berniat menyerahkan diri kembali ke Lapas Tanjung Gusta. “Niatnya ada, tapi jadi ragu setelah mengetahui ada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 99 itu, yang menyebutkan tidak ada pembebasan bersyarat bagi semua kasus narkoba,” ujar Fikri.


Setelah kabur dari Lapas Tanjung Gusta, Fikri juga mengaku tak langsung kembali ke daerah asalnya di Banda Aceh, tetapi bersembunyi dahulu di Medan.

tribunnews

Kicauan Solmed Membuat TKI di Hong Kong Kecewa

Jakarta - Kicauan ustad Soleh Mahmoed atau Solmed di twitter belum lama ini, membuat jamaah Islam di Hong Kong kecewa. Bahkan ada salah satu orang yang mengaku Tenaga Kerja asal Indonesia (TKI) dengan nama Rihanu Alifa melontarkan surat terbuka untuk Ustad Solmed.
Dalam surat yang diunggah di situs nabawia.com berjudul 'Surat Terbuka dari Hong Kong untuk Ustaz Soled' pada Minggu (18/8) itu, Rihanu Alifa mengungkapkan rasa kecewanya atas pernyataan ustad tersebut.
"Ini adalah suara hati saya. Sedih tak terkira saya melihat seorang ustaz 'memerangi' saudara seagamanya dengan bersenjatakan media. Miris, melihat dan mendengar pemberitaan beberapa media yang menurunkan berita timpang (tidak balance, hanya memaparkan berita dari pihak ustaz Solmed, tidak berusaha melakukancross-check dengan pihak EO di Hong Kong)." Tulis Rihanu.
Melalui suratnya, Rihanu mengaku memang mengikuti semua perkembangan berita perseteruan antara Ustad Solmed dengan Event Organizer (EO) di Hong Kong. Namun, dirinya tidak ikut ambil pusing.
"Saya bukan bagian dari EO tersebut, dan (tadinya) saya pikir, perselisihan ustad dengan EO tersebut dapat menemui titik temu (damai). Tetapi, semakin lama, ustad semakin membuat pernyataan yang tidak-tidak, bahkan cenderung memfitnah." Tulisnya lagi.
Rihanu juga membeberkan bantahan secara detail mengenai berita tarif tausiyah Ustad Solmed yang mencapai Rp 150 juta. "Di Hong Kong ini, memakai mesjid atau gedung TIDAK BISA GRATIS. Minimal perlu HK$ 4.000 untuk sewa satu gedung (ini harga sewa gedung di pelosok, kalau di pusat kota minimal bisa dua kali lipatnya)." Tulisnya.

"Untuk teman-teman yang berkecimpung di organisasi, terutama dalam bidang keagamaan, mari jadikan kasus ini sebagai pelajaran." Harapnya.
omg.yahoo

90 Persen Wartawan Aceh belum ter-UKW

Banda Aceh - Sedikitnya 540 orang  Jurnalis  yang bekerja di provinsi Aceh,  dan terdaftar di lembaga hukum pers  Persatuan Wartawan  Indonesia (PWI) Cabang Aceh,  belum teruji kualitasnya. Sehingga potensi  profesionalisme wartawan  dalam  bekerja  sebagai profesi jurnalistik masih dipertanyakan, “ Baru  60  orang wartawan atau 10 persen  yang telah dinyatakan lulus Uji Kompetensi  wartawan (UKW),” kata Ketua PWI Aceh, Tarmilin Usman, SE,MSi, dalam laporannya pada peresmian Sekolah Jurnalis Indonesia (SJI) di Kantor PWI Aceh, di Banda Aceh, Senin (19/8).

Keseluruhan Wartawan yang bersertifikan lulus Uji  kopetensi Wartawan  (UKW) adalan  peserta  (UKW)  dalam dua gelombang  yang diadakan oleh PWI Aceh,  beberapa waktu lalu. Yakni :  gelombang  pertama tahun 2012  di Hotel Grand Nanggroe, dan gelombang  kedua  di Gedung Kantor PWI Aceh awal 2013 lalu. Sedangkan jumlah wartawan yang berkerja di berbagai media massa di Aceh, saat ini capai 600 orang.

Namun demikian tambah  Tarmilin, tidak perlu merasah apatis,  karena  PWI Aceh, berjanji  akan memfasilitasi Wartawan yang  bekerja di Aceh,untuk mendapatkan kesempatan serupa seiring dengan resminya  Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI)  di  Aceh, meski tidak sekaligus.

Untuk angkatan perdana, yang di gelar sejak tanggal 19 -31 Agustus, PWI Aceh, memberikan peluang belajar selama 15 hari , kepada 30 orang wartawan aktif  dan bekerja berbagai media massa di  Aceh,” untuk angkatan ini hanya 30 orang yang dapat kesempatan belajar , ” sebut  Tarmilin.

SJI yang di kepalai oleh ketua diklat PWI Aceh,  iranda Novendi  ini, di rencanakan akan ditingkatkan setatus, yakni  tingkat Madia dan tingkat  Utama, sedangkan untuk saat ini masih ditingkat dasar, “ pendidikan ini akan kita lanjutkan hingga ke tingkat utama,”  pungkas Tarmilin Usman.

Tarmilin, optimis jika semua wartawan mendapatkan pendidikan di SJI dan lulus kopetensi di akhir pendidikan, maka wajah dunia jurnalis  di Aceh, akan
lebih baik dan optimal dalam melakukan tugas Jurnalistiknya.

Ketua PWI Pusat, dalam sambutannya , yang di sampaikan oleh Marah Sakti Siregar, sekaligus ketua Yayayasan  Sekolah Jurnalisme Indonesia (YSJI) Pusat, menyatakan bahwa , SJI  untuk provinsi Aceh, merupakan  sekolah  wartawan ke sepuluh  di seantero Nusantara  dan ke empat di pulau Sumatra, setiap peserta  lulusan SJI, dinyatakan sekaligus lulus uji kopetensi  wartawan (UKW) sesuai dengan  tingkatan pendidikan  yang  diikuti,” di SJI ini sekaligus dengan UKW,” Papar,  Marah Sakti  Siregar.

Wakil Gubernur Aceh, Muzakir Manaf, yang meresmikan langsung  Sekolah Wartawan ini  Senin, (19/8),  dalam sambutannya, berpesan agar peserta yang diberikan kesempatan untuk belajar, harus serius dan konsisten dengan pelajaran, “ saya  harap peserta benar-benar   memanfaatkan kesempatan ini,” pesan Mualem, Muzakir.

Kepada peserta , SJI  Menerapkan sistem belajar tepat waktu , terfokus dan  aktual, bagi peserta yang mangkir  dari aturan yang diterapkan maka akan di deportasi dari peserta ,” Dua kali pertemuan absen dan tanpa keterangan , maka peserta dianggap gugur di pendidikan,” tegas Iranda, Kepala Sekolah Jurnalis Indonesia (UJI) sekaligus ketua bidang Diklat  PWI Cabang Aceh, di sela-sela  mengelar pelajaran perdana, sesaat  usai  SJI  diresmikan. (alan)

Kisah Si Kecil Membangun Bintang Management

Written By Kabar Aceh on Senin, 19 Agustus 2013 | 01.40

Bermula dari kondisi nol, itulah istilah yang mewakili kondisi kami ketika merintis sebuah Management yang bergerak dibidang budaya dan kesenian khususnya dibidang seni tarik suara yang diberi nama Bintang Management (BM).  Pada tanggal 14 Oktober 2012 awal perintisan dan terbentuknya BM dengan modal seadanya.

 Hanya dengan keahlian dalam bermain musik dan tekat yang kuat. Akhirnya sosok pria kecil bernama  Novriadi yang juga merupakan musisi asal Kota Banda Aceh ini mulai membangun BM yang berdomisili di Kota Banda Aceh.

Novri sikecil, sapaan akarabnya. Awalnya tidak berfikir untuk membentuk sebuah management. Akan tetapi dengan prospek dan dukungan yang bagus dari daerahnya juga support dari keluarga dan teman-teman berbagai kalangan seniman yang sudah lama berkiprah di dunia kesenian Aceh, maka Novri memutuskan untuk membentuk management tersebut. Ungkap pendiri dan ketua sanggar BM kepada Kabaracehonline pekan lalu.

Lanjutnya, seiring perjalanan waktu, Novri berhasil membawa kondisi BM semakin menunjukkan hasil yang luar biasa dan mampu menghasilkan karya-karya yang sangat elegan bagi penikmat musik khususnya di daerah Aceh bahkan sampai keluar negeri. Hingga saat ini BM memiliki banyak karya musik yang telah dihasilkan dan tentunya sudah banyak penikmat musik yang merasakan hasil karya kami saat ini. Katanya dengan antusias.

Ditanya tentang kegiatan BM, Novri mengatakan aktifitas BM saat ini dilakukan  di kediamannya dan beberapa bascam tempat kumpul para rekan-rekan yang tergabung didalamnya. adapun hal yang mereka lakukan setiap kumpul bersama adalah latihan rutin  tarik suara, bermain alat music dan juga beragam jenis kesenian lainnya. tidak hanya itu, kesempatan setiap berkumpul bersama juga mereka jadikan sebagai ajang temu ramah bersama para rekan BM sendiri.

Saya sangat berterima kasih kepada semua teman-teman yang selama ini sudah mendukung sanggar BM hingga bisa menjadi seperti saat ini dan saya berharap kedepannya management ini bisa terus berkiprah untuk berkontribusi aktif mengembangkan kesenian dan budaya di Bumi serambi mekkah. Ungkap Novry.


Dengan mengusung visi dan misi untuk menjadi wahana pengajaran dan pengembangan musik di Aceh serta menjadi tempat bertemunya para musisi Aceh. Juga memasyarakatkan seni musik sebagai bagian dari pembangunan kreatifitas dan kebudayaan. BM sangat mengharapkan kedepan peran serta pemerintahan, khusunya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banda Aceh bisa melirik sanggar ini. Ungkap Novri dengan semangat membaranya. (Aditya)

Mualem Minta Wartawan Aceh Jangan Mengedepankan Uang

Banda Aceh - Wakil Gubernur Aceh, Muzakir Manaf mengingatkan kepada seluruh wartawan Aceh untuk tidak mengedepankan uang ketika meliput berita. Tipikal demikian justru akan merusak kredibilitas wartawan dan perusahaan medianya sendiri.

“Pateh haba lon sige, menye hana neupateh, han akan maju wartawan Aceh, cipateh kei sige, dan pejioh dari pada peng (patuhi perkataan saya sekali, kalau tidak, wartawan Aceh tidak akan maju, dan jauhkan uang-red),” tegas Muzakir Manaf dalam bahasa Aceh yang kental usai meresmikan Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh di Banda Aceh, Senin (19/08/2013).

Pria yang kerap disapa mualem itu juga berpesan kepada wartawan untuk jangan membuat berita yang membingungkan pembaca. Misalnya banyak penggunaan bahasa asing, sehingga pembaca tidak mengerti.

“Setiap menulis, ushakan perkataan yang mudah dimengerti oleh publik, banyak kata-kata asing yang tidak dimengerti. Di Aceh masih banyak orang awam,” ujar Muzakir Manaf. (*)

Pembekalan Caleg Hanura, Hary Tanoe kecewa banyak yang bolos

Calon Wakil Presiden dari Partai Hanura, Hary Tanoesoedibjo memberikan pembekalan terhadap caleg-caleg daerah pemilihan Jakarta dalam menarik simpati warga menjelang pemilu 2014. Dalam kesempatan ini, dari total 106 caleg DPRD Jakarta, tidak semuanya hadir.

Saat Hary Tanoe memberikan sambutan, dirinya menanyakan berapa caleg yang hadir dalam pembekalan ini. Hary Tanoe terlihat kecewa karena tidak semua caleg datang.

"Dari 106 caleg, 70-80 yang hadir. Berarti cukup besar, hampir 30 persen yang tidak hadir," kata Hary di depan puluhan caleg Partai Hanura di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta, Senin (19/8).

Kemudian, Hary Tanoe meminta pengurus partai untuk menandai siapa saja yang tidak hadir dalam pembekalan caleg ini.

"Tolong dicatat pengurus nama-nama yang tidak hadir karena kita harus serius," tegas bos MNC ini.

Oleh karena itu, pihaknya bakal melakukan evaluasi karena Pemilu 2014 mendatang dinilainya lebih dinamis dibanding pemilu sebelumnya.

"Kehadiran para caleg sangat penting. Karena ini masalah tidak sepele, kita mau menang harus ada syaratnya, kita harus mengikuti prosesnya," jelasnya.

Untuk memenangkan Pemilu 2014, Hary menjelaskan bahwa partainya telah membentuk tim yang tergabung dalam Bapilu (Badan Pemenangan Pemilu) Partai Hanura. Yang mana dirinya menjadi Ketua Bapilu.

"Bapilu dibentuk tujuannya hanya untuk memenangkan Pemilu 2014. Dalam pengurusannya, adalah Bapilu ada DPP, Wakil Ketua Arya Simulingga, Subagyo, Ketua Bidang IT, Raka, Wijaya selaku ketua bidang Kampanye dan penggalangan," terang Hary Tanoe.

merdeka

Kasus penembakan polisi marak, rakyat diminta dukung polisi

Ketua Komisi III DPR, Gede Pasek Suardika 
Kasus penembakan terhadap anggota polisi semakin marak terjadi akhir-akhir ini. Teranyar, dua anggota Polsek Pondok Aren, Tangerang Selatan tewas ditembak orang tak dikenal saat sedang bertugas.

Ketua Komisi III DPR, Gede Pasek Suardika mengatakan, kasus penembakan terhadap anggota korps bhayangkara perlu penanganan serius. Selain itu, Pasek juga meminta masyarakat mendukung penuh kerja kepolisian dalam menumpas aksi terorisme.

"Polisi telah berhasil menumpas pidana teroris sehingga ada dendam khusus dari mereka yang rencananya digagalkan (Densus 88). Dan rakyat harus mendukung kepolisian. Termasuk negara dan TNI harus mendukung polisi karena ini sudah simbol negara," kata Pasek, Senin (19/8).

Kasus penembakan ini, dia melanjutkan, sudah membuat resah masyarakat dan anggota kepolisian. Kendati demikian, Politisi Demokrat ini yakin jika polisi mampu mengungkap dan mengatasi masalah teror tersebut.

"Dan ini membuat suasana teror yang tidak sekadar teror dan saya yakin polisi mampu mengatasi. Dan perlu support," tuturnya.

Pasek menolak anggapan jika peristiwa penembakan polisi terjadi karena sejumlah kasus hukum yang sering kali melibatkan anggota Polri, sehingga membuat masyarakat benci kepada polisi. Menurut dia, masyarakat cinta dengan polisi.

"Kalau saya, hal itu didramatisir, kalau masyarakat tidak percaya itu masyarakat yang dipolitisir. Masyarakat masih tetap cinta polisi. Ini informasi masuk dari masyarakat," terangnya.

merdeka

Polres Aceh Bsear Ringkus Pelaku CURAS DPO

Foto Illustrasi
Aceh Besar - Setelah dua tahun di DPO Polsek Ingin Jaya, Akhirnya jumat, 12/8 lalu, WHY (26), behasil diringkus oleh tim Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Aceh Besar, di Gampong lamteh Sibreh, Kecamatan Sukamakmur  Aceh Besar. pelaku yang merupakan warga Sibreh itu, diduga telah melakuakn pencurian dengan kekerasan (Curas).

“ Pelaku diduga melakukan pencurian dengan kekerasan,” kata Kapolres Aceh Besar, AKBP.Drs, Djajuli, SIK, melalui Kasat reskrimnya, Iptu , Aries Diago kakori, di Mapolres  setempat di kota Jantho Aceh Besar, Sabtu (17/8). Data yang diperoleh dari Kepolisian, profesi tersebut telah digeluti pelaku sejak beberapa tahun lalu, dan sejumlah pencurian serupa
sudah pernah dilakukan di sejumlah titik di Aceh Besar.

Pencurian terakhir dilakukan WHY, tanggal tanggal 22 Mei 2013, dilintas Jalan Negara Seulimum –Saree, dengan korban dua mahasiswa asal Beureunun, yang sedang melintas kawasan itu. Hasil pemeriksaan polisi, modus yang di gunakan pelaku dengan melemparkan emas palsu di atas badan jalan, dan pelintas yang mengambilnya menjadi korban pelaku,” modusnya berpura-pura kehilangan emas di lintas jalan yang menjadi lokasi kejahatan,” ujar Deago.

Sedangkan penangkapan yang dilakukan oleh Tim Reskrim Aceh Besar, di rumah orang tua pelaku, berjalan lancar tanpa ada perlawanan,” proses penangkapan tidak mendapat kendala,” tambahnya.
Untuk mempertanggung jawabkan perlakuannya, kini Pelaku di tahan di Mapolres Aceh Besar, beserta barang bukti, jika terbukti bersalah, pelaku akan dijerat  dengan pasal 365KUHP, tentang pencurian dengan kekerasan, dengan ancaman hukuman Sembilan tahun penjara,” pelaku dililit  pasal 365 KUHP,” pungkas Deago. (Dahlan)


Nangka, obat mujarab untuk keriput dan jerawat

Selain enak untuk dimakan, nangka juga ampuh merawat kesehatan kulit. Nutrisi yang terkandung dalam nangka dapat menangkal masalah kesehatan seperti sembelit, berat badan, dan juga merupakan obat stres yang baik. Untuk perawatan kulit dan tubuh, nangka juga dapat digunakan untuk sebagai masker kecantikan. Minyak dan jus nangka tidak hanya menyehatkan kulit, tetapi juga membuatnya jadi bersinar. Berikut adalah khasiat menakjubkan dari buah nangka untuk kecantikan kulit Anda, seperti dilansir Boldsky.

1. Keriput 

Nangka juga dapat menangkal munculnya keriput lho. Jika digunakan secara rutin, masker nangka yang sudah diberi tambahan susu dapat memberikan hasil positif bagi kesehatan kulit dalam empat minggu. 

2. Jerawat 

Saat cuaca sedang panas, kulit jadi rentan terhadap jerawat. Masker nangka bisa menjadi cara alami untuk membasmi jerawat membandel di wajah Anda. Oleskan masker nangka langsung pada jerawat dan biarkan kering. Bilas setelah 15 menit.

3. Kulit Berminyak 

Blend nangka sampai halus. Tambahkan satu sendok makan minyak zaitun. Oleskan masker ke seluruh wajah dan leher. Diamkan selama 30 menit dan kemudian bilas dengan air hangat. Tepuk-tepuk wajah hingga kering.

4. Sun tan atau bekas kecokelatan pada kulit

Bekas kecokelatan pada kulit sering disebabkan oleh paparan sinar matahari. Haluskan nangka dan campur dengan sedikit perasan lemon. Ulangi perawatan ini setiap minggu selama satu bulan.

5. Kulit mengkilap 

Untuk mendapatkan wajah bersinar alami, yang harus Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan biji nangka. Haluskan biji nangka kering dengan susu dan madu. Oleskan masker ke seluruh wajah dan leher. 

6. Noda 

Nangka baik untuk perawatan kulit karena dapat mengurangi noda. Vitamin C yang hadir dalam buah nangka juga dapat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

7. Pigmentasi Kulit

Pigmentasi di sekitar mulut dan dagu merupakan masalah kulit yang umum di kalangan wanita. Nangka dapat meringankan pigmentasi kulit dan mengembalikan warna asli kulit Anda. Haluskan nangka dan balur ke seluruh wajah. Pijat kulit di sekitar mulut dengan lembut selama 5 menit dalam gerakan melingkar. Bilas setelah didiamkan 10 menit.

8. Kutil 

Keringkan biji nangka dan kemudian haluskan. Gunakan untuk mengompres kutil pada kulit. Proses ini memakan waktu sekitar 2 minggu untuk membuat kutil mengelupas dengan sendirinya.

9. Kulit Kering

Untuk perawatan kulit kering, nangka adalah buah terbaik untuk mendapatkan kulit yang lembut dan kenyal. Gunakan nangka sebagai masker untuk wajah Anda. Setelah kering, bilas wajah Anda dengan secangkir air yang dicampur dengan susu untuk mendapatkan hasil sempurna.

Inilah sembilan khasiat menakjubkan dari buah nangka selain untuk dimakan. Anda pun bisa mencobanya di rumah dan membuktikan khasiatnya. (*)

Kenali tanda-tanda tubuh kekurangan air!

Anda sudah mengonsumsi banyak makanan tapi mulut Anda kering, warna urin gelap dan sering merasa sembelit? Hati-hati lho, artinya tubuh Anda tidak benar-benar sehat. Tubuh Anda butuh banyak air. Jika gejala ini disepelekan bisa mengakibatkan banyak penyakit. Simak tanda tubuh butuh banyak air dilansir boldsky (18/8).


Haus
Haus adalah tanda yang paling jelas Anda perlu minum lebih banyak air. Haus adalah cara tubuh Anda memberitahu Anda untuk meningkatkan asupan cairan.

Mulut kering 
Jika mulut Anda terasa kering, maka itu adalah tanda pasti bahwa Anda perlu minum lebih banyak air.

Warna urin gelap
Warna urin yang kuning pucat atau jernih menunjukkan Anda memiliki asupan air yang cukup. Warna gelap atau bau yang kuat adalah tanda bahwa Anda perlu minum lebih banyak air.

Air mata kering
Anda menangis, tapi air mata yang keluar sangat sedikit sampai mata Anda terasa nyeri, itu tandanya bahwa Anda dehidrasi dan perlu minum lebih banyak air.

Kelelahan 
Karena air merupakan sumber energi, merasa lelah merupakan tanda yang pasti Anda perlu minum lebih banyak air.

Lapar
Rasa lapar tidak berarti Anda membutuhkan makanan. Bisa jadi tubuh memberi sinyal untuk minum lebih banyak air. 

Kulit kering 
Kulit adalah organ yang membutuhkan banyak air agar tidak dehidrasi. Kulit kering atau bersisik adalah tanda orang yang kurang minum air.

Kurangnya keringat 
Keringat sebagian besar terdiri dari air. Jadi ketika tubuh mengalami dehidrasi, ia juga berhenti memproduksi keringat.

Pusing
Dehidrasi dapat menyebabkan kita merasa pusing atau pingsan. Jika sakit kepala jangan batasi konsumsi air Anda.

Otot kejang 
Sebuah ketidakseimbangan elektrolit yang berlangsung terus menerus dapat menyebabkan kram otot atau kejang.

Jantung berdebar-debar 
Bila ada penurunan aliran darah dan perubahan konsentrasi elektrolit karena dehidrasi, jantung akan berdebar-debar daripada biasanya.

Kulit tidak elastis
Elastisitas kulit berkurang oleh dehidrasi. Jika kulit lambat kembali ke normal setelah dicubit, itu adalah pertanda Anda perlu minum lebih banyak air.

Sembelit 
Kurangnya air menyebabkan saluran pencernaan kering dan membuat kotoran menjadi keras. Sehingga membuat Anda sembelit.

Tubuh merasa panas
Air mempunyai fungsi mengatur suhu tubuh. Saat tubuh mulai panas, maka akan mengeluarkan keringat. Sebaliknya jika tidak berkeringat, tubuh Anda akan merasa kepanasan.

Migrain 
Ketika tubuh mengalami dehidrasi, maka menyebabkan migrain. Sakit kepala sebelah adalah tanda bahwa Anda perlu minum lebih banyak air.

Jika mengalami gejala di atas segera konsumsi banyak air sebelum terlambat. (*)

Teuku Wisnu: Saya cuma mau Shireen Sungkar

Written By Kabar Aceh on Minggu, 18 Agustus 2013 | 11.57

Meski hanya sekedar seserahan dan silaturahmi, Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar mempersiapkannya secara matang. Kehadiran Wisnu dengan keluarga besarnya ke kediaman kakek dan nenek Shireen di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (17/8) tidak dengan tangan kosong.
Tak ingin buah tangannya menjadi sia-sia, sebelum membawa barang seserahan Wisnu menanyakan dulu kepada keluarga Shireen apa saja yang harus dibawa.
"Ada beberapa barang seserahan, saya nanya ke keluarga Shireen dan mamanya. Saya nanya ke Shireen barang apa aja, dan dia nanya ke saya mau apa? Saya cuma mau kamu," ujar Wisnu.
Dengan waktu yang sempit, mereka berdua menyempatkan diri untuk mencari barang-barang untuk seserahan.

"Untuk menghindari barang yang enggak suka, kita bawa kain Songket Aceh, omanya Shireen kan dari Padang, ada nasi ketan dan bendera dari duit, unik sih. Kita nyari bareng ya, meski ribet waktu syuting tapi sehari harus beres, eh ternyata salah barangnya kata orangtua, ya udah balik lagi," pungkas Wisnu ditambahi oleh Shireen.
merdeka

Mantan Asisten Siap Penjarakan Nikita Mirzani!

Written By Kabar Aceh on Jumat, 16 Agustus 2013 | 06.15

Pengacara mantan asisten Nikita Mirzani, Krisna, Hendarsam Marantoko mengaku, kliennya berniat memenjarakan Nikita Mirzani atas fitnah dan pencemaran nama baik yang dilakukannya lewat akun jejaring sosial Path.
Tindakan itu, menurut Hendarsam, bisa jadi pelajaran bagi banyak orang ke depannya. Diharapkan, tak akan ada lagi korban-korban seperti Krisna. "Iya. Itu sudah pasti (memenjarakan)! Kami ingin agar tidak ada korban-korban lainnya yang dirugikan Nikita" kata Hendarsam saat dihubungi wartawan, Kamis (15/8).
Diteruskan, berbeda dengan sakit yang diterima lantaran kekerasan fisik yang  bisa sembuh dalam hitungan hari, perasaan sakit yang diakibatkan perkataan akan membutuhkan pemulihan bertahun-tahun.
"Disakiti secara fisik, dua-tiga hari selesai, tapi kalau verbal seperti yang terjadi pada Krisna, bisa bertahan bertahun-tahun. Rehabilitasi nama baik itu butuh waktu yang tidak sebentar," tukas Hendarsam.
Kapanlagi

Sebut Wartawan Calon Penghuni Neraka, Rektor UIT Dilapor ke Polisi

Rektor Universitas Islam Tamiang (UIT) Aceh Tamiang, Muzakir Samidan SH MH, Kamis (15/8) dilaporkan sejumlah wartawan ke Polres Langsa atas dugaan kasus pencemaran nama baik. Laporan pengaduan para "kuli tinta" itu tertuang dalam Surat Tanda Bukti Penerimaan Laporan Polisi (STPL) No Pol LP/236/VIII/2013/Aceh/Res Langsa.

Ketua PWI Perwakilan Aceh Timur, Agusni AH dalam siaran persnya kepada wartawan mengatakan, untuk menghadapi dugaan kasus tersebut PWI Aceh Timur dan Aceh siap menyediakan tim pengacara.

Dugaan kasus pencemaran nama baik tersebut terjadi saat khatib salat Idul Fitri 1434 H di Masjid Quba Gampong Sidorejo, Langsa Lama, Kota Langsa menyatakan bahwa wartawan orang-orang yang bakal masuk neraka.

Menurutnya, pernyataan khatib tidak saja melukai perasaan insan pers, tapi juga menyalahi kaidah-kaidah agama dan bisa 'membunuh' demokrasi. Karena sesuai UU No 40 Tahun 1969 tentang pokok pers.

Negara menjamin profesi wartawan. Bahkan, pers juga diletakkan sebagai pilar keempat setelah, eksekutif, legislatif dan yudikatif. Maka dari itu, di sinilah keberadaan pers yang harus dijunjung tinggi dan dihormati oleh semua pihak.

Sementara itu Wakil Ketua I Majelis Pemusyawaratan Ulama (MPU) Kota Langsa, Dr H Zulkarnain, MA yang juga doktor dalam bidang Hukum Islam dan spesial Hadits Ahkam dan Akademisi STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa mengungkapkan, menurut Ilmu Musthalahul Hadits, hadits tentang Ghibah itu pandangannya umum dan menyangkut behaviour dan attitude tingkah laku dan sikap, jadi tidak ada kaitannya dengan profesi apapun, apalagi tendensius kepada jenis profesi tertentu.

Menurutnya apa yang disampaikan Rektor Universitas Islam Tamiang (UIT) Aceh Tamiang, Muzakir Samidan, SH, MH, saat bertindak sebagai khatib shalat Idul Fitri 1434 H di Masjid Quba Gampong Sidorejo, Langsa Lama yang memvonis profesi wartawan sebagai penghuni neraka.

Untuk itu, terang Zulkarnain, diharapkan berhati-hatilah menyampaikan hadits jika tidak paham ilmu 'Tahamul wal Ada' karena dapat mengakibatkan kesalahan yang dapat menyesatkan banyak orang. Tidak ada satupun matan hadits yang memojokan profesi wartawan, apalagi wartawan itu mengemban empat fungsi kemuliaan umat, yaitu Educate (mendidik), Empower (memberdayakan), Enlightent(mencerahkan) dan Agent of Change (agen perubahan) bagi umat, jadi profesi wartawan itu sangat mulia.


Diakhir pernyataanya, Zulkarnain meminta agar semua pihak, dalam berdakwah, ceramah dan khutbah menerapkan penggunaan bahasa yang santun dan tidak tedensius. Ajaklah orang berbuat baik dengan cara-cara yang baik. (*)
 
Support : Copyright © 2011. Kabar Aceh - All Rights Reserved
Alamat Redaksi/ Bisnis/ Pemasaran: Jln.Mohd.Taher,Kec.Lueng Bata,Banda Aceh. Telp/Hp: 081360224009